Cara Membuat Buku Tabungan Bank Mini FEBI IAIS Sambas

Pada kesempatan kali ini, ebisy.id akan membagikan tutorial tentang Cara Membuat Buku Tabungan Bank Mini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas.

Sekilas Infomasi

Bank Mini FEBI IAIS Sambas adalah sebuah unit praktikum khususnya pada Program Studi D3 – Perbankaan Syariah yang dibentuk oleh UPT Laboratorium Bank Mini dengan tujuan untuk menunjang proses praktikum dan pembelajaran dilingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas. Walaupun terbiang Buku Tabungan dan aplikiasinya sangat sederhana akan tetapi hasil praktikum dan pembelajaran yang dilakukan sudah cukup memuaskan.

3 produk Tabungan Bank Mini FEBI IAIS

1. Tabungan SPP
Tabungan SPP yaitu tabungan untuk keperluan pendidikan seperti pembayaran SPP dan dapat diambil ketika diperlukan untuk kepentingan pendidikan dengan setoran awal sebesar Rp. 100.000,00 selanjutnya setoran minimal Rp. 75.000,00 / minggu.

2. Tabungan AL-MUSTAQBAL
Tabungan Al-Mustaqbal adalah tabungan yang digunakan untuk kepentingan Magang Mahasiswa, Seminar Proposal, Studytoor dan Ujian Akhir Mahasiswa hanya dapat diambil ketika akan dilaksanakan hal tersebut, dengan setoran awal sebesar Rp. 20.000,00 selanjutnya setoran minimal Rp. 10.000,00 / setor.

3. Tabungan JINGGA
Tabungan jingga adalah simpanan yang dapat diambil sewaktu-waktu sesuai kebutuhan nasabah. Dengan Setoran awal sebesar Rp. 20.000,00 selanjutnya minimal Rp. 5.000,00 / setor.

Baiklah langsung saja ke cara pembuatan….

Langkah Ke – 1
Persiapan Bahan & Alat Kelengkapan

1. Kertas Biasa & Cover F4 yang telah dipotong 2
Kertas yang digunakan boleh merek apapun yang terpenting adalah ukuran yang digunakan yaitu kertas F4

2. Staples + Isi Ulangnya (Deli 0012N)
Staples yang sangat direkomendasikan yaitu staples panjang Staples “Kangaro DS-45L” dengan isinya “Deli 0012N 24/6” karena dengan staples & isinya tersebut dapat mempermudah pekerjaan nanti pada proses staples buku.

3. Cutter + Isi Ulangnya
Cutter + isi ulangnya yang direkomendasikan yaitu cutter apa saja yang penting mempunyai gagang besi dan isi ulangnya menggunakan pisau yang mulus jangan menggunakan yang sudah berkarat karena akan mengotori buku tabungan yang akan dirapikan nantinya.

4. Penggaris Besi Ukuran 30 cm
Penggaris yang digunakan disarankan menggunakan yang besi dengan ukuran 30 cm saja karena ukuran tersebut sudah cukup & melebihi ukuran panjang kertas F4.

5. Printer Epson / Canon
Printer yang kami rekomendasikan disini adalah menggunakan printer merek EPSON / CANON yang menggunakan tinta sistem infus karena jika menggunakan isi ulang yang langsung di katridnya akan sangat memperhambat proses print buku tabungannya.

6. Laptop / Netbook / PC
Laptop / Netbook / PC adalah perangkat yang paling umum digunakan karena jika tidak menggunakan pengakat tersebut tentunya akan sulit pada proses editing dan proses print buku tabungan.

7. Tempat Sampah
Tempat sampah atau tong sampah adalah salah satu kelengkapan yang terpenting karena jika kita tidak menyediakannya makan akan membuat berantakan selain itu didalamnya nanti akan ada juga pisau cutter yang telah kita patahkan atau yang sudah tidak digunakan lagi.

Langkah Ke – 2
Unduh dan Extract File

Link Unduh File:
http://ebisy.id/wp-content/uploads/2020/09/Buku-Tabungan-Bank-Mini-FEBI-IAIS-Sambas.zip

Password Zip:
ebisy.id

Langkah Ke – 3
Proses Print Buku

1. Prin Cover Luar & Cover Dalam
Pada proses print cover luar & dalam terbagi menjadi 2 tahap yaitu pertama print terlebih dahulu halaman [1] pada kertas cover yang telah disediakan tadi, kemudian tahap kedua kertas yang sudah diprint tadi dibalik dengan posisi yang kita prin tadi dibelakang dan posisi tulisan terletak dibawah kemudian di print kembali.

2. Print Keterangan Produk + Isi
Buka file [ALL] ISI BUKU.docx kemudian perhatikan isi file tersebut terdapat dua page yaitu [page 1] isi & [page 2] Keterangan produk. cara prinnya berbeda dengan cara pertama yaitu print terlebih dahulu [page 1] selanjutnya posisi kertas yang sudah di print kita balik dengan posisi Logo BANK MINI terletak di atas kemudian di print kembali.
Keterangan : 1 Buku Tabungan memerlukan 1 Lembar Keterangan Produk + Isi

3. Print Isi + Isi
Masih pada file [ALL] ISI BUKU.docx akan tetapi disini yang kita print hanya halaman [page 1] isi dan cara print nya sama dengan proses 2 Print Keterangan Produk + Isi) yaitu print [page 1] selanjutnya kertas yang sudah diprint tadi dibalik dengan posisi yang kita prin tadi dibelakang dan posisi Logo BANK MINI terletak diatas kemudian di print [page 1] kembali.
Keterangan : 1 Buku Tabungan memerlukan 9 Lembar Isi + Isi

Langkah Ke – 4
Proses Penyusunan Buku

Setelah selesai proses print langkah selanjutnya ialah proses penyusunan buku. pada proses ini sebaiknya disusun dengan urutan sebagai berikut:

1. Cover (Posisi cover dalam terletak pada atas)
2. Keterangan Produk + Isi (Posisi isi terletak di atas)
3. Isi + Isi

Dari 3 susunan diatas yang terpenting adalah posisi Logo BANK MINI terletak paling atas. kemudian komposisi 1 Buku Tabungan yaitu:

– 1 Lembar * Cover
– 1 Lembar * Keterangan Produk + Isi
– 9 Lembar * Isi + Isi

Langkah Ke – 5
Proses Staples Buku

1. Rapikan Susunan Buku
2. Staples dari tepi menggunakan jarak 1 jari
3. Lipat tengah-tengah buku

Langkah Ke -6
Proses Merapikan Buku

Pada proses ini gunakan peralatan sebagai berikut:
1. Alas Kaca
2. Penggaris
3. Cutter
4. Tempat Sampah

Selanjutnya potong pada tepi kiri, tepi kanan, dan bawah buku dan diusahakan tidak tampak keluar kertas isi [putih]. selanjutnya setelah dipotong simpan buku tabungan yang telah selesai dirapikan dan sisa potongan tadi dibuang pada tempat sampah.

Selesai

Jika penjelasan tersebut masih kurang paham silahkan komentar atau lihat vidio lengkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *